KISI-KISI
SOAL UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIOANAL
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
No.
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KEMAMPUAN YANG DIUJI
|
INDIKATOR
|
NO. SOAL
|
1.
|
Menerapkan tata cara membaca al-Qur’an menurut tajwid,
mulai dari cara membaca “Al” –Syamsiyah
dan “Al” Qamariyah sampai kepada menerapkan hukum bacaan mad dan
waqaf.
|
Menerapkan hukum bacaan nun mati / tanwin dan mim
mati pada ayat al-Qur’an
|
Disajikan tabel tentang hukum nun mati/ tanwin dan
contoh bacaannya, peserta didik dapat menentukan pasangan
|
1
|
|
|
|
Peserta didik dapat menentukan contoh hukum bacaan
mim mati
|
2
|
|
|
Menerapkan hukum bacaan qalqalah dan ra pada ayat al-Q ur’an
|
Ditampilkan ayat al-Qur’an yang mengandung bacaan
qalqalah, peserta didik dapat mengklasifikasi jenis hukum bacaan qalqalah
|
3
|
|
|
Menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf pada ayat
al-Qur’an
|
Disajikan ayat al-Qur’an yang mengandung hukum
bacaan mad, peserta didik dapat menentukan nama hukum bacaan mad
|
4
|
|
|
|
Disajikan ayat al-Qur’an yang mengandung tanda
waqaf, peserta didik dapat menentukan
nama waqaf
|
5
|
|
|
Menyebutkan arti QS al-Tiin
|
Disajikan tabel yang berisi potongan ayat dan arti surat at-Tiin, peserta didik dapat
menentukan pasangannya
|
6
|
|
|
Membaca dan menjelaskan makna QS at-Tiin
|
Ditampilkan salah satu ayat pada surat at-Tiin, peserta didik dapat
menyimpulkan isi kandungannya.
|
7
|
|
|
Menjelaskan makna menuntut ilmu sepertidalam
al-Hadits
|
Ditampilkan al-Hadits tentang menuntut ilmu, peserta
didik dapat menjelaskan maknanya.
|
8
|
|
|
Menampilkan bacaan QS. Al-Insyirah
|
Ditampilkan ayat-ayat QS al-Insyirah secara acak,
peserta didik dapat menyusunnya dengan benar
|
9
|
|
|
Mempraktikkan perilaku dala bekerja seperti yang
dala QS al-Insyirah.
|
Ditampilkan beberapa pernyataaan, peserta didik dapat
menentukan sikap terpuji dalam bekerja
seperti yang terkandung dalam al-Insyirah
|
10
|
2
|
Meningkatkan pengenalan dan keyakinan terhadap
aspek-aspek rukun iman mulai dari iman kepada Allah sampai iman kepada qadla
dan qadar serta Asmaul Husna
|
Menyebutkan arti ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan
dengan sifat-sifat Allah SWT
|
Ditampilkan ayat Al-Qur’an tentang sifat wajib Allah
SWT, peserta didik dapat menentukan sifat wajib Allah pada ayat tersebut
|
11
|
|
|
Menjelaskan arti beriman kepada malaikat
|
Dipaparkan ilustrasi perilaku seseorang dalam
kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat memilih perilaku yang mencerminkan
perilaku beriman kepada malaikat
|
12
|
|
|
Menampilkan sikap mencintai Al-Qur’an sebagai kitab
Allah
|
Disajikan beberapa perilaku terhadap al-Qur’an,
peserta didik dapat mengkategorikan perilaku mencintai al-Qur’an
|
13
|
|
|
Menjelaskan pengertian beriman kepada rasul Allah
|
Ditampilkan beberapa perilaku dalam kehidupan
sehari-hari, peserta didik dapat mengklasifikasikan perilaku yang
mencerminkan beriman kepada rasul
|
14
|
|
|
Meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW
|
Ditampilkan kisah singkat keteladanan Nabi Muhammad
SAW., pesera didik dapat menjelaskan sifat wajib bagi rasul yang terkandung
dalam kisah tersebut.
|
15
|
|
|
Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir
|
Disajikan wacana kejadian pada hari akhir, peserta
didik dapat menentukan istilah hari akhir
|
16
|
|
|
Menyebutkan ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan
dengan hari akhir
|
Disajijkan beberapa ayat al-Qur’an, peserta didik
dapat menyebutkan ayat al-Qur’an yang berkaitan denagn hari akhir
|
17
|
|
|
Menceritakan proses kejadian kiamat sughra dan kubra
seperti terkandung dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits
|
Ditampilkan ayat al-Qur’an atau al-Hadits tentang
prosos hari kiamat, peserta didik dapat menyimpulkan isi kandungan ayat
tersebut.
|
18
|
|
|
Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada qadla dan qadar
|
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat
menentukan cirri-ciri beriman kepada Qadla dan qadar
|
19
|
|
|
Menyebutkan contoh-contoh qadla dan qadar dalam
kehidupan sehari-hari
|
Disajikan wacana tentang peristiwa dalam kehidupan
sehari-hari, peserta didik dapat menunjukkan contoh qadla dan qadar.
|
20
|
|
|
Menyebutkan ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan
dengan qadla dan qadar
|
Ditampilkan beberapa ayat al-Qur’an, peserta didik
dapat menentukan ayat yang berkaitan dengan qadla dan qadar
|
21
|
3
|
Menjelaskan dan nenbiasakan perilaku terpuji seperti
qanaah dan tasamuh dan menjauhkan diri dari perilaku tercela seperti ananiah,
hasad, ghadab dan namimah
|
Menerapkan perilaku terpuji (tawadlu, taat, atau sabar) dalam kehidupan sehari-hari
|
Dideskripsikan cerita tentang perilaku sehari-hari,
peserta didik dapat menentukan contoh perilaku terpuji (tawadlu, taat atau sabar)
|
22
|
|
|
Menerapkan perilaku terpuji (kerja keras, ulet,
tekun dan teliti) dalam kehidupan sehari-hari.
|
Disajikan beberapa contoh perilaku sehari-hari,
peserta didik dapat mengklasifikasikan contoh perilaku terpuji (kerja keras, ulet, tekun atau teliti)
|
23
|
|
|
Menerapkan perilaku terpuji (zuhud dan tawakal)
dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan beberapa contoh perilaku dalam kehidupan
sehari-hari, peserta didik dapat
menentukan cirri-ciri perilaku terpuji (zuhud
atau atau tawaka)
|
24
|
|
|
Mengklasifikasikan dan menghindari perilaku tercela (ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah) dalam kehidupan sehari-hari
|
Ditampilkan ilustrasi perilaku sehari-hari yang
mengandung sikap tercela (ananiah,
ghadab, hasad, ghibah atau namimah), peserta didik dapat menentukan sikap
cara menghindarinya
|
25
|
|
|
Menerapkan adab makan dan minum dalam kehidupan
sehari-hari
|
Disajikan kasus tentang perilaku makan dan minum
dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan sikap yang benar
berkenaan dengan adab makan dan minum
|
26
|
|
|
Mengklasifikasi akibat perilaku tercela (dendam dan
munafik) dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan ayat al-Qur’an atau hadits rasulullah
tentang perilaku tercela (dendam atau munafiq), peserta didik dapat
menyimpulkan kandungannya
|
27
|
|
|
Menampilkan contoh perilaku qana’ah dan tasamuh
dalam kehidupan sehari-hari
|
Ditampilkan beberapa pernyataan tentang manfaat dari
perilaku terpuji, peserta didik dapat mengklasifikasikan manfaat perilaku
qanaah
|
28
|
|
|
|
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat
menentukan contoh-contoh perilaku tasamuh
|
29
|
|
|
|
Disajikan sebuah kasus tentang hubungan antar umat
beragama, peserta didik dapat menentukan sikap tasamuh yang tepat
|
30
|
|
|
Menghindari perilaku tercela (takabur) dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Disajikan ayat al-Qur’an atau al-Hadits tentang
perilaku tercela, peserta didik dapat menyimpulkan kandungannya.
|
31
|
|
|
|
Ditampilkan ilustrasi perilaku sehari-hari yang
mengandung sikap tercela (takabur), peserta didik dapat menentukan sikap
untuk menghindarinya.
|
32
|
4
|
Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat-shalat
munfarid dan jamaah baik shalat wajib maupun shalat sunat
|
Menjelaskan ketentuan mandi wajib
|
Disajikan tabel tentang hal-hal yang menyebabkan
hadats, peserta didik dapat menunjukkan sebab-sebab mandi wajib
|
33
|
|
|
Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat Jum’at
|
Ditampilkan beberapa pernyataan yang berkaitan
dengan ibadah shalat Jum’at, peserta didik dapat mengklasifikasikan rukun
khutbah
|
34
|
|
|
Menerapkan sujud syukur, sujud sahwi dan sujud
tilawah
|
Ditampilkan ilustrasi dalam kehidupan sehari-hari,
peserta didik dapat menentukan sujud yang relevan dengan ilustrasi tersebut.
|
35
|
|
|
Menyebutkan pengertian dan ketentuan shalat sunnat
|
Disajikan suatu kasus, peserta didik dapat
mengidentifikasi jenis shalat sunnat yang relevan.
|
36
|
|
|
|
Ditampilkan beberapa pernyataan tentang cara
melaksanakan shalat sunat, peserta didik dapat menunjukkan nama shalat sunat
yang dimaksud
|
37
|
5
|
Memahami zakat
|
Mempraktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal
|
Disajikan kondisi sebuah keluarga, peserta didik
dapat menentukan besarnya zakat yang harus dikeluarkan
|
38
|
6
|
Memahami hokum Islam tentang hewan sebagai sumber
makanan
|
Menghindari makanan yang bersumber dari binatang
yang diharamkan
|
Ditampilkan beberapa gambar cirri-ciri hewan,
peserta didik dapat mengidentifikasi hewan yang diharamkan
|
39
|
|
|
Menerapkan tatacara penyembelihan hewan
|
Peserta didik dapat menunjukkan tata cara
menyembelih hewan menurut ajaran Islam.
|
40
|
7
|
Memahami hukum Islam tentang haji dan umrah
|
Menjelaskan pengertian dan ketentuan haji dan umrah
|
Disajikan deskripsi suatu amalan dalam ibadah haji,
peserta didik dapat menentukan jenis amalan tersebut.
|
41
|
|
|
|
Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat
menunjukkan hikmah umrah.
|
42
|
8
|
Memahami dan meneladani sejarah Nabi Muhammad dan
para sahabat serta menceritakan sejarah masuk dan berkembangnya Islam di
Nusantara
|
Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW
|
Disajikan peristiwa pada masa Nabi Muhammad SAW.,
peserta didik dapat menunjukkan lokasi peristiwa tersebut pada peta.
|
43
|
|
|
Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW
|
Disajikan kisah kehidupan sehari-hari Nabi Muhammad
SAW., peserta didik dapat mengidentifikasi akhlak terpuji yang terkandung di
dalamnya.
|
44
|
|
|
|
Peserta didik mampu mengidentifikasi kegiatan
wirausaha yang dilaksanakan Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat
Madinah.
|
45
|
|
|
Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan
Islam sampai masa Abbasiyah beserta peran ilmuwan Islam
|
Disajikan ilustrasi sejarah pertumbuhan ilmu
pengetahuan Islam, peserta didik dapat menunjukkan peran aktif khalifah pada
masa tersebut.
|
46
|
|
|
Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara
melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.
|
Disajikan deskripsi suatu peristiwa, peserta didik
dapat mengidentifikasi cara masuknya Islam di Nusantara (perdagangan, sosial,
atau pengajaran.
|
47
|
|
|
Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di
Jawa, Sumatera dan Sulawesi
|
Dideskripsikan perjuangan sebuah kerajaan Islam
dalam melawan penjajah, peserta didik mampu meng-identifikasi kerajaan yang
dimaksud
|
48
|
|
|
Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari
tradisi Islam
|
Disajikan deskripsi seni budaya, peserta didik dapat
menyimpulkan seni budaya lokal yang bernuansa Islam
|
49
|
|
|
Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara
adat kesukuan Nusantara
|
Disajikan deskripsi suatu tradisi atau upacara adat
kesukuan di Indonesia,
peserta didik mampu menentukan tradisi atau upacara yang dimaksud.
|
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar