Rabu, 02 Mei 2012

Kisi-Kisi USBN 2012

KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIOANAL
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

No.
STANDAR KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG DIUJI
INDIKATOR
NO. SOAL
1.
Menerapkan tata cara membaca al-Qur’an menurut tajwid, mulai dari cara membaca “Al” –Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah sampai kepada menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf.
Menerapkan hukum bacaan nun mati / tanwin dan mim mati pada ayat al-Qur’an
Disajikan tabel tentang hukum nun mati/ tanwin dan contoh bacaannya, peserta didik dapat menentukan pasangan
1



Peserta didik dapat menentukan contoh hukum bacaan mim mati
2


Menerapkan hukum bacaan qalqalah dan ra  pada ayat al-Q ur’an
Ditampilkan ayat al-Qur’an yang mengandung bacaan qalqalah, peserta didik dapat mengklasifikasi jenis hukum bacaan qalqalah
3


Menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf pada ayat al-Qur’an
Disajikan ayat al-Qur’an yang mengandung hukum bacaan mad, peserta didik dapat menentukan nama hukum bacaan mad
4



Disajikan ayat al-Qur’an yang mengandung tanda waqaf, peserta didik dapat menentukan  nama  waqaf
5


Menyebutkan arti QS al-Tiin
Disajikan tabel yang berisi potongan ayat dan arti surat  at-Tiin, peserta didik dapat menentukan  pasangannya
6


Membaca dan menjelaskan makna QS at-Tiin
Ditampilkan salah satu ayat pada surat at-Tiin, peserta didik dapat menyimpulkan isi kandungannya.
7


Menjelaskan makna menuntut ilmu sepertidalam al-Hadits
Ditampilkan al-Hadits tentang menuntut ilmu, peserta didik dapat menjelaskan maknanya.
8


Menampilkan bacaan QS. Al-Insyirah
Ditampilkan ayat-ayat QS al-Insyirah secara acak, peserta didik dapat menyusunnya dengan benar
9


Mempraktikkan perilaku dala bekerja seperti yang dala QS al-Insyirah.
Ditampilkan beberapa pernyataaan, peserta didik dapat menentukan sikap terpuji  dalam bekerja seperti yang terkandung dalam al-Insyirah
10
2
Meningkatkan pengenalan dan keyakinan terhadap aspek-aspek rukun iman mulai dari iman kepada Allah sampai iman kepada qadla dan qadar serta Asmaul Husna
Menyebutkan arti ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT
Ditampilkan ayat Al-Qur’an tentang sifat wajib Allah SWT, peserta didik dapat menentukan sifat wajib Allah pada ayat tersebut
11


Menjelaskan arti beriman kepada malaikat
Dipaparkan ilustrasi perilaku seseorang dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat memilih perilaku yang mencerminkan perilaku beriman kepada malaikat
12


Menampilkan sikap mencintai Al-Qur’an sebagai kitab Allah
Disajikan beberapa perilaku terhadap al-Qur’an, peserta didik dapat mengkategorikan perilaku mencintai al-Qur’an
13


Menjelaskan pengertian beriman kepada rasul Allah
Ditampilkan beberapa perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengklasifikasikan perilaku yang mencerminkan beriman kepada rasul
14


Meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW
Ditampilkan kisah singkat keteladanan Nabi Muhammad SAW., pesera didik dapat menjelaskan sifat wajib bagi rasul yang terkandung dalam kisah tersebut.
15


Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir
Disajikan wacana kejadian pada hari akhir, peserta didik dapat menentukan istilah hari akhir
16


Menyebutkan ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan hari akhir
Disajijkan beberapa ayat al-Qur’an, peserta didik dapat menyebutkan ayat al-Qur’an yang berkaitan denagn hari akhir
17


Menceritakan proses kejadian kiamat sughra dan kubra seperti terkandung dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits
Ditampilkan ayat al-Qur’an atau al-Hadits tentang prosos hari kiamat, peserta didik dapat menyimpulkan isi kandungan ayat tersebut.
18


Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada qadla dan qadar
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan cirri-ciri beriman kepada Qadla dan qadar
19


Menyebutkan contoh-contoh qadla dan qadar dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan wacana tentang peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menunjukkan contoh qadla dan qadar.
20


Menyebutkan ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan qadla dan qadar
Ditampilkan beberapa ayat al-Qur’an, peserta didik dapat menentukan ayat yang berkaitan dengan qadla dan qadar
21
3
Menjelaskan dan nenbiasakan perilaku terpuji seperti qanaah dan tasamuh dan menjauhkan diri dari perilaku tercela seperti ananiah, hasad, ghadab dan namimah
Menerapkan perilaku terpuji (tawadlu, taat, atau sabar) dalam kehidupan sehari-hari
Dideskripsikan cerita tentang perilaku sehari-hari, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku terpuji (tawadlu, taat atau sabar)
22


Menerapkan perilaku terpuji (kerja keras, ulet, tekun dan teliti) dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan beberapa contoh perilaku sehari-hari, peserta didik dapat mengklasifikasikan contoh perilaku terpuji (kerja keras, ulet, tekun atau teliti)
23


Menerapkan perilaku terpuji (zuhud dan tawakal) dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan beberapa contoh perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta  didik dapat menentukan cirri-ciri perilaku terpuji (zuhud atau atau tawaka)
24


Mengklasifikasikan dan menghindari perilaku tercela (ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah) dalam kehidupan sehari-hari
Ditampilkan ilustrasi perilaku sehari-hari yang mengandung sikap tercela (ananiah, ghadab, hasad, ghibah atau namimah), peserta didik dapat menentukan sikap cara menghindarinya
25


Menerapkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan kasus tentang perilaku makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan sikap yang benar berkenaan dengan adab makan dan minum
26


Mengklasifikasi akibat perilaku tercela (dendam dan munafik) dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan ayat al-Qur’an atau hadits rasulullah tentang perilaku tercela (dendam atau munafiq), peserta didik dapat menyimpulkan kandungannya
27


Menampilkan contoh perilaku qana’ah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari
Ditampilkan beberapa pernyataan tentang manfaat dari perilaku terpuji, peserta didik dapat mengklasifikasikan manfaat perilaku qanaah
28



Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan contoh-contoh perilaku tasamuh
29



Disajikan sebuah kasus tentang hubungan antar umat beragama, peserta didik dapat menentukan sikap tasamuh yang tepat
30


Menghindari perilaku tercela (takabur) dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan ayat al-Qur’an atau al-Hadits tentang perilaku tercela, peserta didik dapat menyimpulkan kandungannya.
31



Ditampilkan ilustrasi perilaku sehari-hari yang mengandung sikap tercela (takabur), peserta didik dapat menentukan sikap untuk menghindarinya.
32
4
Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat-shalat munfarid dan jamaah baik shalat wajib maupun shalat sunat
Menjelaskan ketentuan mandi wajib
Disajikan tabel tentang hal-hal yang menyebabkan hadats, peserta didik dapat menunjukkan sebab-sebab mandi wajib
33


Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat Jum’at
Ditampilkan beberapa pernyataan yang berkaitan dengan ibadah shalat Jum’at, peserta didik dapat mengklasifikasikan rukun khutbah
34


Menerapkan sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah
Ditampilkan ilustrasi dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan sujud yang relevan dengan ilustrasi tersebut.
35


Menyebutkan pengertian dan ketentuan shalat sunnat
Disajikan suatu kasus, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis shalat sunnat yang relevan.
36



Ditampilkan beberapa pernyataan tentang cara melaksanakan shalat sunat, peserta didik dapat menunjukkan nama shalat sunat yang dimaksud
37
5
Memahami zakat
Mempraktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal
Disajikan kondisi sebuah keluarga, peserta didik dapat menentukan besarnya zakat yang harus dikeluarkan
38
6
Memahami hokum Islam tentang hewan sebagai sumber makanan
Menghindari makanan yang bersumber dari binatang yang diharamkan
Ditampilkan beberapa gambar cirri-ciri hewan, peserta didik dapat mengidentifikasi hewan yang diharamkan
39


Menerapkan tatacara penyembelihan hewan
Peserta didik dapat menunjukkan tata cara menyembelih hewan menurut ajaran Islam.
40
7
Memahami hukum Islam tentang haji dan umrah
Menjelaskan pengertian dan ketentuan haji dan umrah
Disajikan deskripsi suatu amalan dalam ibadah haji, peserta didik dapat menentukan jenis amalan tersebut.
41



Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan hikmah umrah.
42
8
Memahami dan meneladani sejarah Nabi Muhammad dan para sahabat serta menceritakan sejarah masuk dan berkembangnya Islam di Nusantara
Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW
Disajikan peristiwa pada masa Nabi Muhammad SAW., peserta didik dapat menunjukkan lokasi peristiwa tersebut pada peta.
43


Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW
Disajikan kisah kehidupan sehari-hari Nabi Muhammad SAW., peserta didik dapat mengidentifikasi akhlak terpuji yang terkandung di dalamnya.
44



Peserta didik mampu mengidentifikasi kegiatan wirausaha yang dilaksanakan Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat Madinah.
45


Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah beserta peran ilmuwan Islam
Disajikan ilustrasi sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam, peserta didik dapat menunjukkan peran aktif khalifah pada masa tersebut.
46


Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.
Disajikan deskripsi suatu peristiwa, peserta didik dapat mengidentifikasi cara masuknya Islam di Nusantara (perdagangan, sosial, atau pengajaran.
47


Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi
Dideskripsikan perjuangan sebuah kerajaan Islam dalam melawan penjajah, peserta didik mampu meng-identifikasi kerajaan yang dimaksud
48


Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
Disajikan deskripsi seni budaya, peserta didik dapat menyimpulkan seni budaya lokal yang bernuansa Islam
49


Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara
Disajikan deskripsi suatu tradisi atau upacara adat kesukuan di Indonesia, peserta didik mampu menentukan tradisi atau upacara yang dimaksud.
50

Tidak ada komentar:

Posting Komentar